15 Januari, 2013

6 Keterampilan TIK yang Harus Dimiliki Seorang Guru


6 Keterampilan TIK yang Harus Dimiliki Seorang Guru| Keterampilan TIK apa saja yang harus dimiliki oleh seorang guru? Untuk menjadi guru profesional setidaknya ada 4 kompetensi yang harus dimiliki yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Dan keterampilan TIK bagian dari kompetensi profesional guru tersebut, guru yang profesional harus menguasai TIK untuk membantu merancang dan membuat bahan pembelajaran. Tentu keterampilan TIK tersebut macam-macam dan tidak harus semuanya dikuasai, tapi ada beberapa kompetensi TIK yang harus dimiliki yaitu:

  1. Mampu mengoperasikan komputer. Standarnya mampu menghidupkan, mengoperasikan, dan mematikan komputer dengan benar. Lebih jauh lagi mengerti hardware dan software komputer plus skill ilmu komputernya.
  2. Menguasai aplikasi perkantoran (Office), wordprocessor (word), spreadsheet (excel), oresentations (powerpoint). Syukur-syukur mengerti aplikasi pengolah database semacam acces, dan lainya.
  3. Mengerti internet. Minimal akrab dengan situs pencarian seperti google, email, wiki, upload-download, dan pengetahuan internet standar lainya. Lebih bagus lagi mengerti blogging, dan situs e-learning lainya.
  4. Mengerti manajerial data dikomputer. Standarnya mampu membuat folder, copy-paste.
  5. Akrab dengan infokus. Mampu memasang, seting dan bekerja dengan infokus. 
  6. Memiliki pengetahuan standar mengenai software pendukung lainya, semacam winrar, pdf, player, dan lainya.
Demikian  6 Keterampilan TIK yang Harus Dimiliki Seorang Guru, sebenarnya masih banyak lagi kemampuan TIK yang harus dimiliki oleh seorang guru masa kini. Tapi 6 pokok tadi menjadi kompetensi wajib skill profesional guru modern. Jika tidak menguasai 6 pokok tadi, sebaiknya segera belajar...

image from: http://www.evolllution.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar