12 Januari, 2013

Membuat Media Pembelajaran Interaktif


Image from http://www.smartboard.si
Membuat Media Pembelajaran Interaktif| Kalau kurikulum 2013 jadi disahkan, maka proses pembelajaran dalam kelas akan sangat menarik, karena semuanya berbasis ICT (katanya). Walau banyak yang "pesimis" dengan kemampuan rata-rata guru tentang penguasaan ICT saat ini, setidaknya ini pemicu bagi guru untuk belajar memperbarui pengetahuanya tentang ICT. Dan topik menariknya adalah pembelajaran interaktif, dimana guru mengintegrasikan teknologi dengan model pembelajaran. Menyampaikan suatu materi pelajaran dengan media berbasis ICT yang menarik. Topik menariknya apakah semua guru mampu membuat media pembelajaran interaktif?


Ketika mata pelajaran TIK dihilangkan dan diintegrasikan ke setiap pelajaran, maka solusi pertamanya adalah semua guru harus "gape" teknlogi, minimal bisa mengoperasikan komputer dan program aplikasi Office. Syukur-syukur lebih dari itu. Kalaupun tidak bisa, ya harus bisa, dan mesti dipaksakan bisa. Untuk bisa, banyak caranya salah satunya dengan mau belajar kepada siapa saja yang sudah dianggap mampu. Bisa lewat private, pelatihan, seminar, workshop atau apa saja lah yang intinya kegiatan belajar guru untuk bisa ICT. Nantinya guru dituntut untuk mampu membuat media pembelajaran interaktif dengan kemampuan ICT nya tersebut.

Lalu, apakah semua guru mampu membuat media pembelajaran interaktif? Jawabanya tentu tidak semua guru mampu membuat media pembelajaran interaktif. Untuk itu perlu adanya sosia-learning baik berupa workshop, seminar dan seterusnya tentang topik membuat media pembelajaran interaktif tersebut.

Mengenal program aplikasi untuk membuat media pembelajaran interaktif

Untuk membuat media pembelajaran interaktif, rekan guru bisa memanfaatkan beberapa software seperti powerpoint dan jenis aplikasi presentasi lainya, dan flash. Selain program aplikasi tadi kita juga bisa memanfaatkan aplikasi movie maker, website dan blog, media sosial, dan lainya. Atau jika mempunyai pengetahuan tentang bahasa pemrograman, bisa membuatnya melalui encoding bahsa pemrograman tertentu seperti html, php, visual basic dan lainya.

Diantara program aplikasi tadi yang paling familiar tentu Microsoft PowerPoint. Program aplikasi presentasi buatan Microsoft ini memang nyatanya paling banyak digunakan oleh rekan guru, karenanya membuat media pembelajaran interaktif dengan powerpoint akan lebih mudah dipelajari oleh rekan guru semua dariapada aplikasi lainya. Lalu? Lalu...mulailah menyusun skenario pembuatan media interaktif, dan mulai membuatnya dari sekarang.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar