24 Februari, 2013

Bagaimana Cara Mendirikan Sekolah?


Ada yang mengatakan, jangan terlalu berlama-lama berada dalam suatu posisi tertentu karena akan membuat kita kaku melangkah. Maksudnya, kalau saat ini jadi guru, jangan berlama-lama menjadi gurunya. Cukuplah 5 tahun mendedikasikan diri sebagai tenaga pengajar di sekolah milik orang lain. Ada baiknya setelah 5 tahun itu, mulailah merintis untuk membuat sekolah sendiri agar bisa mengabdi untuk sekolah dengan sistem yang kita buat sendiri. Berlama-lama mengandi untuk sekolah milik orang lain sama saja memposisikan diri sebagai karyawan diperusahaan milik orang lain, kita tidak mempunyai otoritas lebih terhadap sistem sekolah. 


Tapi membuat sekolah itu sangat tidak mudah. Bukan cuma perlu biaya banyak untuk membangun gedung dan fasilitas, tapi membuat sistem dan mengadakan pengelola sistem juga merupakan perkerjaan susah. Lalu?

Tetap saja guru yang mengabdi terlalu lama di sekolah milik orang lain tidak lebih hebat dibanding guru yang mampu membuat sekolah sendiri. Jadi, harus bisa membuat sekolah sendiri. Bagaimanapun caranya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar