05 Januari, 2014

Jenis-Jenis Pekerjaan Di Masyarakat (IPS Kelas 3 SD Topik 3)


Jenis-Jenis Pekerjaan Di Masyarakat (IPS Kelas 3 SD Topik 3)
Jenis pekerjaan yang sudah dibahas pada catatan mengajar sebelumnya adalah jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Contoh-contohnya bisa dilihat di modul ips topik 2. Jenis pekerjaan berikutnya, yaitu jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Jasa adalah bantuan berupa tenaga, pikiran, dan keterampilan yang diberikan kepada orang lain. Jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa contohnya guru, dokter, perawat, polisi, sopir, dan banyak lagi contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa lainnya.


Pengertian jasa
Jasa adalah bantuan berupa tenaga, pikiran, dan keterampilan yang diberikan kepada orang lain.

Contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa
  • Guru. Guru merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Jasa yang diberikan adalah memberikan pengetahuan kepada siswanya dengan cara mengajar. Guru bekerja dibidang pendidikan. Tempat kerja guru di sekolah atau madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.
  • Dokter. Dokter bekerja dibidang kesehatan, tempat bekerjanya di rumah sakit, puskesmas. Jasa yang diberikan berupa layanan kesehatan kepada masyarakat.
  • Perawat. Perawat bekerja dibidang kesehatan, yaitu membantu dokter dalam melayani pasien di rumah sakit. Tempat bekerja dokter di rumah sakit.
  • Polisi. Polisi bertugas mengayomi masayarakat dalam bidang keamanan.Jasa yang diberikan adalah melayani, mengayomi, dan melindungi masyarakat dari tindak kejahatan. 
  • Sopir. Sopir pekerjaanya mengemudikan kendaraan bermotor. Sopir terbagi dua ada sopir pribadi dan sopir kendaraan umum. 
  • Arsitek. Arsitek pekerjaanya merancang dan membuatkan gambar bangunan. 
Slide materi topik 3 (belum bisa ditampilkan)
Proyek; membuat kliping karton tentang jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa (prototype sedang disiapkan belum bisa ditampilkan)


1 komentar:

  1. Mau Buka Keagenan Tiket Pesawat sangat mudah daftarkan diri anda
    http://agen.selltiket.com

    BalasHapus