16 Januari, 2014

Jenis-Jenis Pekerjaan Di Masyarakat (IPS Kelas 3 SD Topik 4)


Jenis-Jenis Pekerjaan Di Masyarakat (IPS Kelas 3 SD Topik 4)
Pada topik materi jenis-jenis pekerjaan di masyarakat sebelumnya, kita sudah belajar mengenai jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Kali ini kita akan mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan tersebut berdasar jenis pegawai. Sebelumnya kita harus tahu dulu mengenai arti dari pegawai tersebut. Pegawai adalah orang yang bekerja di instansi pemerintahan atau swasta. Orang yang bekerja di instansi pemerintah disebut dengan pegawai negeri. Orang yang bekerja di perusahaan swasta disebut pegawai swasta.

Pegwai Negeri
Pegawai negeri adalah orang yang bekerja di instansi pemerintah. Tugas mereka adalah untuk melayani masyarakat. Pegawai negeri digaji atau mendapat upah dari pemerintah. Selain mendapat gaji mereka juga mendapat berbagai tunjangan untuk kesejahteraan.

Nama-nama instansi pemerintah yang berfungsi untuk melayani masyarakat:
  • Kantor kelurahan / desa. Fungsinya mennyelenggarakan pemerintahan tingkat kelurahan / desa. Merupakan tempat untuk melayani masyarakat kelurahan atau desa. Misalnya untuk urusan pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), akta kelahiran, surat ijin pembangunan, dan urusan administrasi kependudukan lainnya.
  • Kantor kecamatan. Fungsinya menyelenggarakan pemerintahan tingkat kecamatan.
  • Kantor kabupaten. Fungsinya menyelenggarakan pemerintahan tingkat kabupaten.
  • Kantor gubernur. Fungsinya menyelenggarakan pemerintahan tingkat provinsi.
Dan masih banyak lagi instansi pemerintahan lainnya, seperti KUA, Puskesma, Dinas Pendidikan, dan lainnya.

Tentara dan POLRI juga termasuk pegawai negeri. Tentara terdiri dari TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Udara (AU), TNI Angkatan Laut (AL). Sedangkan POLRI terdiri dari beberapa kesatuan kepolisian seperti Polantas (Polisis Lalu Lintas), Brimob, dan lainnya.

Pegawai Swasta
Pegawai swasta adalah orang yang bekerja di kantor / perusahaan swasta, alias bukan kantor atau perusahaan milik pemerintah.Pegawai swasta bekerja di berbagai perusahaan seperti pabrik, pertokoan, peternakan, dan industri lainnya yang dikelola oleh pihak swasta.


Banyak sekali jenis pekerjaan swasta, seperti buruh pabrik yaitu orang yang bekerja di pabrik-pabrik, pramuniaga yaitu orang yang bekerja sebagai pelayan toko, pramusaji yaitu orang yang bekerja sebagai pelayan restoran, pramugari yaitu karyawati yang bekerja sebagai pelayan di maskapai penerbangan atau angkutan lainnya. Dan masih banyak lagi jenis pegawai swasta lainnya.

Karyawan dan karyawati
Karyawan adalah sebutan kepada pegawai laki-laki
Karyawati adalah sebutan kepada pegawai perempuan

_______________________________________
Media belajar:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar