13 Mei, 2014

Cara Mudah Membuat Website Menggunakan Wordpress


Cara Mudah Membuat Website Menggunakan Wordpress
Masih banyak orang yang belum tahu tentang bagaimana membuat website, akhirnya menggunakan jasa orang lain dengan bayaran yang lumayan besar, padahal web yang dibuat cuma web profil. Padahal kalau dikerjakan sendiri pun bisa dengan biaya jauh lebih kecil dibanding menggunakan jasa orang lain tersebut. Cara mudahnya dengan menggunakan CMS WordPress. Dengan CMS ini kita hampir tidak memerlukan pengetahuan tentang script programming, semuanya wizard tinggal klak klik mouse web pun jadi. Seperti apa cara mudahnya?
Untuk membuat sebuah website menggunakan WordPress, sebenarnya hanya ada 3 langkah yang harus dilakukan, yaitu:
  1. Beli Domain dan Hosting
  2. Install WordPress
  3. Set Up WordPress
Tiga langkah tersebut itu saja yang harus dilakukan untuk membuat website menggunakan WordPress, mudah bukan?

# Beli Domain dan Hosting
Sebenarnya bukan beli, tapi sewa. Untuk sewa doman kita bisa mlakukannya ditempat-tempat penjual hosting dan domain yang bisa kita temui dengan mudah di internet. Untuk domain harganya tidak terlalu mahal, untuk domain dot com harganya sekitar 95 ribuan, untuk domain sekolahan sekitar 50 ribuan, untuk we.id lebih murah lagi. Sedangkan untuk sewa hosting juga variatif, setiap perusahaan jasa hosting harganya beda-beda, dari 12 ribu sampai puluhan juta, tergantung besar space hosting yang kita sewa.

# Install Wordpress
Setiap perusahaan hosting pasti menyediakan fitur auto installer CMS, salah satunya menggunakan softaculous. Kita tinggal klak klik mouse saja, tidak beberapa lama WordPress pun sudah bisa terinstal. Untuk contoh instalasi otomatis ini bisa baca di pancuannya rumahweb.com (http://www.rumahweb.com/journal/instalasi-wordpress-menggunakan-softaculous.htm).

# Set Up WordPress
Untuk set up WordPress memang dibutuhkan pengetahuan tentang "daleman" CMS ini, misalnya seting di halaman administrator atau akrab dengan nama Dashboard.  Di halaman admin ini kita bisa set up tampilan web sesuai yang kita inginkan, misalnya bagaimana cara instalasi template, plug in, modifikasi fungsi, dan lin sebagainya. Untuk pengetahuan set up wordpress banyak tutorialnya di internet, memang kita harus bersabar mencari satu satu tutorial tersebut sesuai kebutuhan, bisa juga dengan membeli buku atau ebook panduan menggunakan wordpress, atau  mengikuti kursus pembuatan website menggunakan wordpress.

Dapatkan panduan lengkap cara mudah membuat website menggunakan WordPress (klik)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar