05 Juni, 2016

Membuat Video Informasi Sederhana Dengan Tema Kesehatan


Membuat Video Informasi Sederhana Dengan Tema Kesehatan -Membuat video sederhana sekarang bukan hal yang sulit, karena di setiap ponsel atau smartphone semuanya memiliki fitur kamera. Siapapun bisa dengan mudah merekam adegan baik spontan maupun dibuat terencana. Yang spontan misalnya ketika ada moment menarik. Yang terencana misalnya ketika ada tugas dari guru atau karena adanya kreativitas yang mendorong seseorang untuk membuat video terencana menggunakan ponsel, membuat video informasi sederhana mengenai topik kesehatan salah satu contoh yang akan saya bahas kali ini. Topik ini akan sangat bermanfaat untuk siswa dan guru.

Tema kesehatan merupakan tema yang menarik dan memiliki manfaat luar biasa, bagi yang sehat, bagi yang peduli dan memiliki keterkaitan kerja dengan dunia kesehatan, terlebih bagi mereka yang sedang mencari solusi alternatif untuk penyembuhan suatu penyakit. Bagi guru yang berkecimpung di dunia pendidikan, video informasi dengan tema kesehatan juga bisa menjadi salah satu media belajar pada mata pelajaran dengan materi kesehatan seperti PJOK atau IPA.

Alur video informasi kesehatan yang akan dibuat
Alur cerita urutan video itu penting, setidaknya memudahkan kita dalam proses pengambilan video, dan pada proses pengeditan. Untuk alur yang lebih serius ketika hendak membuat video informasi maka diperulukan beberapa hal berikut ini:
(1). Naskah / sinopsis - Merupakan ringkasan alur video yang akan dibuat
(2). Skenario - rencana tampilan videoberupa adegan demi adegan yg tertulis secara terperinci.
(3). Story Board - sketsa adegan yang akan diambil

Belum lagi nanti pemilihan tanaman, kalau yang mau di-videokan adalah tanaman. Misalnya mau mengangkat tema khasiat daun sirsak. Pasti tidak sembarang pohon dan daun sirsak yang di-videokan. Pasti akan memilih pohon yang terlihat subur, daun sirsak yang terlihat fresh dan lain sebagainya. Itu baru masalah pohon dan daun, kalau mau menggunakan presenter pasti akan memilih orang-orang yang dianggap tepat. Bagitu juga kalau vodeo harus menggunakan latar / instrumen, ini juga akan memerlukan pemilihan jenis instrumen yang sesuai. Begitupun juga kalau video tersebut harus menggunakan narator, tentu kita akan memilih vokal narator yang pas.

Untuk pembuatan video informasi sederhana dengan tema kesehatan kali ini  lupakan dulu hal-hal teknis tadi. Untuk contoh kasus, saya mengambil contoh pembuatan video tema kesehatan dengan tema manfaat apotik hidup di sekolah pada soal ujian kenaikan kelas siswa kelas XI SMK pada materi editing video menggunakan aplikasi Pinnacle Studio.

Perintah soal //
  • Buatlah video informasi yang menceritakan tentang manfaat Apotik Hidup di Sekolah
  • Bahan video sudah disediakan, tinggal melakukan penggabungan dan proses pengeditan seperti pemberian efek, transisi, dan music latar / instrument yang sesuai dengan tema utama video.
  • Karena video yang akan dibuat bersifat informative, maka audiens / penonton akan lebih cepat memahami maksud dari video apabila video tersebut disertai dengan “narasi” yang menceritakan manfaat apotik hidup, dan manfaat beberapa tumbuhan yang ditanam dalam apotik hidup sekolah tersebut. Narasi dibawah ini:
  • Urutan video dimulai dari Bumper – Logo dan nama SMK – Judul Video – Video disertai narasi, instrument, serta efek atau transisi yang sesuai dengan video jika diperlukan – text yang berisi informasi singkat tentang manfaat Apotik Hidup di Sekolah – nama kamu, kelas.


Proses pengerjaan
  • Pengambilan video apotik hidup yang ada di Sekolah, dengan menggunakan kamera ponsel Nokia Lumia. Sebenarnya untuk hasil lebih bagus kamera ponsel Samsung sangat mumpuni, atau apple. 
  • Perekaman suara untuk narasi video, masih menggunakan fitur recording di ponsel.
  • Pengeditan / editing, kali ini aplikasi yang digunakan adalah Pinnacle Studio 12, sebenarnya versi Pinnacle diatasnya lebih bagus, tapi karena spesifikasi notebook cuma 32 bit jadi suportnya untuk versi 12. Pada proses ini mulai dilakukan penggabungan potongan video, menyisipkan instrumen, dan juga narasi.
Dari mulai proses pengambilan gambar sampai editing, untuk pembuatan video sederhana seperti ini memakan waktu kurang lebih 2 jam. Tentu untuk hasil yang lebih bagus akan memakan waktu lebih lama lagi. Dan hasilnya, saya tampilkan salah satu video yang dibuat siswa kelas XI MM pada saat ujian kenakan kelas kemarin.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar